BULAN IMUNISASI ANAK NASIONAL (BIAN)

Pemerintah akan menggelar Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) dalam 2 tahap. Yakni Tahap I pada bulan Mei 2022 untuk wilayah Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara, Maluku dan Papua, dan kemudian Tahap II pada Agustus 2022 untuk Jawa dan Bali.

Pemerintah Kota Balikpapan serentak menggelar Bulan Imunisasi Anak Nasional yang pencangannya dilaksanakan pada tgl 18 Mei 2022 di Gedung Balikpapan Sport and Convention Center(BSCC) Dome

Untuk di Kecamatan Balipapan Tengah pelaksanaan awal serentak digelar di 6 Kelurahan dimulai dari tanggal 18 Mei 2022. Pelaksanaan Kick Off (Pencanangan) BIAN untuk Wilayah Balikpapan Tengah bertempat di SDN 025 RT.14 Kelurahan Gunung Sari Ulu oleh Camat Balikpapan Tengah Bapak Edy Gunawan, SH, MH

Pelaksanaan Imunisasi Anak  ini dilakukan karena cakupan imunisasi anak menurun akibat pandemi COVID-19, yang menyebabkan gangguan rantai pasokan vaksin, adanya aturan pembatasan kegiatan, jumlah tenaga kesehatan yang terbatas, dan membuat orang tua/wali asuh enggan ke faskes karena takut tertular COVID-19.

Vaksin/imunisasi yang disetujui WHO aman dan terbukti secara ilmiah efektif mencegah penyakit seperti campak, rubella, polio, difteri, dan tetanus.

Tanpa adanya semua vaksin ini, anak-anak bisa terkena penyakit-penyakit berbahaya ini, dan dapat berakibat kematian.

Segera periksa Buku KIA (Kesehatan Ibu Anak) dan pastikan jadwal imunisasi anak tepat waktu.